Friday, January 25, 2013

Aktor Cilik Yang Sukses Masuk Nominasi Oscar




Aktor/aktris berikut mampu mematahkan dominasi orang dewasa dalam ajang perfilman sekelas Oscar. Usia mereka masih belia pada saat masuk nominasi. Ini jelas menjadi kejutan besar Oscar. Namun saat melihat akting mereka, jelaslah sudah bahwa mereka layak dinominasikan.

Usia muda bukan jadi halangan beberapa aktor belia ini untuk tampil menonjol pada masanya. Hal tersebut kembali terbukti lewat nominasi Best Actress Oscar 2013 di mana Quvenzhane Wallis yang masih berusia 9 tahun bersaing dengan Naomi Watts, Jennifer Lawrence, dan Jessica Chastain. Pemeran utama film BEAST OF THE SOUTHERN WILD ini bahkan masih berusia 6 tahun saat film tersebut diambil gambarnya.

Sejatinya acara Oscar bukanlah acara konsumsi anak-anak, namun kehadiran para aktor/aktris cilik ini jelas menjadikan Oscar berbeda. Lebih penting lagi, merekalah yang akan selalu dikenang sebagai anak-anak yang membawa warna pada acara prestisius orang dewasa.

1. Abigail Breslin (10 tahun) 


Abigail Breslin baru berusia 10 tahun saat ia masuk nominasi sebagai Best Actress in Supporting Role atas perannya sebagai Olive Hoover dalam LITTLE MISS SUNSHINE. Abbie dengan luwes memerankan sosok gadis penggemar kontes kecantikan yang mendadak terpilih menjadi peserta kontes. Ia tampil layaknya gadis kecil yang gembira, senang, sekaligus nervous akibat baru pertama kali ikut kontes kecantikan.

Rekan bermainnya dalam film, Alan Arkin dan Greg Kinnear sampai memuji keseriusan Abbie dalam berakting, meski usianya masih belia.

Tonton trailernya di sini:

2. Anna Paquin (11 tahun) 


Keberuntungan sungguh berpihak pada Anna Paquin saat dirinya melakoni debut main film di THE PIANO. Film klasik yang ia bintangi tersebut mendapat pujian selangit dari para kritikus dan disukai penonton. Ia berhasil mengalahkan 5000 kandidat untuk bisa memerankan tokoh Flora McGrath dalam film tersebut.

Lewat film roman dan perselingkuhan bersetting Selandia Baru tersebut, Anna mendapat piala Oscar untuk Best Supporting Actress. Kemenangan tersebut membuatnya menjadi aktris pemenang Oscar termuda kedua setelah Tatum O'Neal.

Tonton trailer THE PIANO di sini:


3. Haley Joel Osment (11 tahun) 


Apa jadinya film THE SIXTH SENSE tanpa penampilan apik Haley Joel Osment yang rapuh sebagai bocah dengan indra keenamnya. Lewat tokoh Cole Sear, Osment yang saat itu masih belia, benar-benar meyakinkan penonton bahwa ia adalah anak kecil yang ketakutan setiap harinya lantaran bisa melihat hantu.

Meski perannya sebagai Cole Sear mendominasi cerita dalam film, ia hanya masuk dalam nominasi Best Supporting Actor dan akhirnya kalah dari Michael Caine.

Tonton trailer THE SIXTH SENSE di sini:


4. Justin Henry (8 tahun) 


Kisah Justin Henry dalam perhelatan Oscar hampir sama dengan kisah Anna Paquin. Ia bisa memenangkan piala Best Supporting Actor dalam peran debutnya di layar lebar lewat film KRAMER VS KRAMER. Meski ia berakting dengan bintang besar seperti Dustin Hoffman dan Meryl Streep, ia berakting sangat natural sebagai Billy Kramer, anak yang orang tuanya hendak bercerai.

Kemenangannya di ajang Oscar membuatnya menjadi aktor termuda yang pernah memenangkan piala Oscar.

Tonton klip aktingnya dalam KRAMER VS KRAMER di sini:

5. Jackie Cooper (9 tahun) 


Jackie Cooper menjadi aktor cilik termuda pertama yang dinominasikan sebagai Best Actor Oscar. Tahun 1931, saat usianya masih 9 tahun, ia bermain bagus sebagai Skippy, bocah yang berusaha menyelamatkan seekor anjing. Kisah yang sederhana namun dengan penampilan apik dan gaya berbicaranya yang menggemaskan membuat Jackie Cooper menjadi nyawa dalam film ini.

Tonton aktingnya dalam film SKIPPY berikut:


6. Quvenzhane Wallis (9 tahun) 


Wallis adalah aktris termuda yang paling baru masuk dalam jajaran Best Actress Oscar. Perannya sebagai Hushpuppy dalam BEAST OF SOUTHERN WILD benar-benar memesona juri Oscar. Di usianya yang baru 6 tahun pada saat syuting film, Wallis mampu bersinergi dengan gaya naratif kuat filmnya.

Tonton aktingnya dalam BEAST OF SOUTHERN WILD berikut:


7. Tatum O'Neal (10 tahun) 

Aktris satu ini menjadi pemain film cilik termuda dalam sejarah Oscar yang mampu memenangkan piala. Kisahnya sebagai Addie Loggins, seorang gadis yang harus berkelana dengan seorang pria penipu sangat menarik untuk ditonton.

Tonton aktingnya dalam PAPER MOON berikut:


8. Mary Badham (10 tahun) 


Sebelum bermain dalam TO KILL A MOCKINGBIRD, Mary Badham tak pernah punya pengalaman akting sama sekali. Oleh karenanya, hal yang wajar bila ia kalah saat dinominasikan dalam Oscar sebagai Best Supporting Actress.

Fakta unik dalam penggarapan filmnya ini tak lain adalah kedekatannya dengan Gregory Peck, rekannya dalam TO KILL A MOCKINGBIRD. Ia selalu memanggil Peck dengan nama "Atticus" sampai akhir hayat sang aktor.

Tonton klip TO KILL A MOCKINGBIRD berikut untuk melihat aktingnya:


9. Quinn Cumming (10 tahun) 


Aktris merangkap wanita karir ini dulu pada masa kecilnya dikenal gara-gara aktingnya dalam film roman komedi THE GOODBYE GIRL. Aktingnya kala itu sebagai gadis kecil yang sok dewasa saat ia dan ibunya harus berbagi apartemen dengan pria asing, sungguh memikat. Mimik wajahnya serta dialog-dialog yang dilontarkannya niscaya membuat penonton gemas sekaligus kagum.

Tonton trailer THE GOODBYE GIRL:


10. Patty McCormack (11 tahun) 


Patty McCormack membuat penonton ketakutan lewat peran gadis sosiopat dan juga pembunuh bernama Rhoda Penmark. Tak cukup sikapnya tersebut yang membuat takut, penampilannya juga membuat siapa pun berpendapat bahwa ada yang tak beres dengan diri Rhoda.

Tonton potongan film THE BAD SEED berikut untuk mengamati aktingnya:


No comments:

Post a Comment