Wednesday, January 2, 2013

Trend Teknologi 2013


1. LTE

Apa itu LTE? LTE merupakan kependekan dari Long Term Evolution, merupakan teknologi nirkabel (wireless) berkecepatan tinggi yang berbasiskan GSM dan UMTS[wiki]. Sederhananya, teknologi ini mempunyai nama yang disebut dengan 4G. Seperti kita ketahui sekarang, ada teknologi 3G, 2G, 3.5G(HSDPA) yang popular di kalangan masyarakat kita. Teknologi 4G mempunyai banyak keunggulan, di antaranya yaitu[wiki]:
  1. Mempunyai transfer rate maksimum untuk download sekitar 299.6 Mbps(atau jika ditransformasikan ke dalam Byte/second sekitar 37 MBps) dan upload hingga 75 Mbps (atau jika ditransformasikan ke dalam Byte/second sekitar 9.375 MBps).

  2. Mempunyai latensi yang kecil, latensi merupakan delay yang terjadi jika ada pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain.

  3. Dapat digunakan pada terminal yang bergerak hingga kecepatan 320km/jam. Dan masih banyak lagi fitur unggul yang terdapat pada teknologi ini.
Mengapa teknologi ini akan ‘ngetrend’ di tahun 2013? Karena beberapa operator seperti Telkomsel, sudah banyak melakukan uji coba teknologi LTE tahun lalu dan rencanya di tahun 2013 akan merilis teknologi ini secara resmi. Di samping itu, perangkat-perangkat telekomunikasi seperti smartphone sudah mendukung ketersediaan teknologi ini, sebagai contoh iPhone 5 dan smarphone Android (HTC Thunderbolt dan masih banyak lagi). Kita lihat saja nanti.

2. Windows 8


Windows 8 mungkin sudah dirilis tahun lalu (2012), tapi penggunanya masih tergolong sedikit. Windows 8 merupakan OS keluaran Microsoft yang sebenarnya dirancang untuk komputer dengan layar sentuh. Tapi di sisi lain, OS ini juga dapat digunakan untuk komputer PC dan laptop yang mennggunakan keyboard dan mouse sebagai kendali utamanya. Lalu kenapa baru akan popular di tahun 2013? Sekedar opini saja, dikarenakan crack / loader dari Windows 8 baru muncul akhir - akhir tahun lalu. Memang tidak dipungkiri, banyak pengguna Windows tidak melakukan aktivasi resmi secara online Mereka lebih memilih menggunakan crack / loader yang notabene lebih mudah dilakukan, di samping harga Windows 8 yang mahal untuk sebuah OS :) . Salah satu kekurangan dari Windows 8 yang membuatnya ‘terhambat untuk populer’ adalah User Interface - nya yang agak membingungkan. Dibandingkan dengan Windows-windows sebelumnya yang menggunakan paradigma ‘Start’ sebagai menu utama untuk masuk program, Windows 8 menghapus paradigma tersebut dan menggantinya dengan ‘paradigma’ lain yang membuat pengguna Windows perlu usaha lagi untuk mempelajarinya.

3. Micorsoft Office 2013


Office 2013 merupakan produk baru dari Microsoft yang dirilis sekitar bulan Desember tahun lalu. Microsoft 2013 mempunyai banyak fitur tambahan, diantaranya
  1. Mempunyai UI modern yang sinkron dengan Windows 8. 

  2. Star Screen yang menawan

  3. Terintegrasi dengan SkyDrive The Office 2013 applications default to saving to SkyDrive or SharePoint, which may not suit you.

  4. Didesain untuk digunakan secara touchscreen.

  5. Dapat mengedit PDF secara langsung. 

  6. Proses chart yang lebih mudah. 

  7. Tambahan efek yang ‘ciamik’ pada Power Point. 
Dan masih banyak lagi fitur-fitur baru yang pastinya akan mengundang minat masyarakat secara luas.
Itu saja gambaran teknologi yang akan ‘ngetrend’ di tahun 2013. Sebenarnya masih banyak lagi teknologi yang diprediksi dapat merajai trend teknologi 2013, di antaranya IMS yang akan diluncurkan Telkom pada tahun 2013 nanti serta IPad 5 yang juga dirancangkan Apple untuk dirilis tahun 2013. Lalu bagaimana dengan Google? Google selalu memberi kejutan yang tiba-tiba untuk teknologi masa depan, kita lihat saja nanti.

No comments:

Post a Comment