Saturday, December 7, 2013

E-LEARNING UNTUK GURU DAN SISWA

Salam hangat buat para pembaca blog OneWorld-Info, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan diberi kecerdasan.

Seiring berkembangnya dunia teknologi informasi dan komunikasi dunia pendidikan pun juga ikut berkembang salah satu contohnya itu penerapan sistem e-learning dalam proses belajar mengajar guru & siswa, Ngomong - ngomong tentang e-learning nih... kali ini kita akan membahas tentang E-Learning Serta manfaatnya untuk Guru dan Siswa, Mungkin diantara para pembaca sudah banyak yang mengetahui apa itu e-learning, untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih mendalam tentang E-Learning.  

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang E-learning ayo kita saksikan terlebih dahulu Video penjelasan singkat tentang E-Learning > 


Nah... setelah menyaksikan video tadi pasti sudah mulai ada gambaran tentang apa itu e-learning dan manfaatnya bagi guru dan juga siswa. Untuk itu mari kita bahas lebih mendalam. 


Apa Itu E-Learning ?

Sumber gambar : westvalley.edu

e-learning adalah sebuah sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar modern dimana guru dan siswa melakukan interaksi belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi.

Apa manfaat / kelebihan Dari E-Learning ?

dengan di terapkannya program E-lerning ini banyak mendatangkan manfaat bagi guru dan juga siswa di mana informasi dapat dengan mudah didapatkan dengan bantuan teknologi sehingga memudahkan bagi guru dan juga siswa dalam proses belajar mengajar, manfaat - manfaat yang di dapatkan dari e-learning yaitu :


Memudahkan guru & siswa mendapatkan informasi dimanapun & kapanpun, Dengan metode E-Learning kita dapat mendapatkan informasi mengenai materi pembeajaran dimanapun dan kapanpun kita mau (24 jam, satu minggu / kapanpun kita mau) dengan kemampuan internet.


Materi pembelajaran yang lengkap dan sesuai, Apapun jenis pelajar dapat kita temukan dengan lebih mudah, kurikulum lengkap dan selalu update.        



Dengan E-Learning guru lebih mudah memantau siswanya dan juga lebih mudah menjelaskan materi pembelajaran pada siswanya, selain itu siswa pun dapat lebih mudah mengerti, 


Dengan Sistem E-Learning apabila siswa kurang mengerti materi pembelajaran, siswa dapat mengakses ulang materi tersebut melalui internet dan mempelajarinya sendiri sehingga membantu siswa mengerti. 





selain membantu dalam proses Pendidikan E-Learning juga dapat menambah pengetahuan tentang teknologi untuk guru dan juga siswanya.



Itulah tadi beberapa manfaat dari E-learning yang dapat membantu guru & siswa sehingga memudahkan dalam proses pendidikan, sebelumnya dunia pendidikan mengguanakan sistem belajar konvensional dimana guru & siswa melakukan poses belajar mengajar dengan metode bertatap muka sehingga dalam penerapannya banyak siswa yang kurang mengerti tentang materi yang diberikan, dengan di terapkannya sistem pembelajaran e-learning ini diharapkan seluruh siswa dapat menguasai materi pembelajarn dengan baik.

Sistem E-Learning Di Indonesia ?

sistem e-learning di indonesia belum 100% diterapkan di seluruh sekolah di indonesia, sistem ini dapat ditemukan pada sekolah - sekolah bertaraf internasional di indonesia, sedangkan di daerah terpencil sistem ini masih sangat jarang di temukan bahkan belum tersentuh dengan sistem ini dikarenakan infrastruktur daerah tidak memadai untuk menerapkan sistem ini.


Sumber gambar : quintgroup.com

Demikian pembahasan kita kali ini tentang E-Learning semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan membuka wawasan kita tentang E-Learning. Silahkan masukan pendapat pembaca tentang E-Learning Dikolom komentar terima kasih.


22 comments:

  1. semoga semua sekolah di indonesia dapat menerapkan sistem ini agar pendidikan indonesia makin meningkat dari segi kualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ... Kita doakan bu, Terima kasih atas kunjunganya di blog kami :)

      Delete
  2. apapun sistm yg digunakan sebenarnya tergantung dari muridnya masing2, karena secanggih apapun sistem yang diterapkan oleh sekolah tapi kalau muridnya tidak serius dalam belajar sama saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teriama Kasih Atas Pendapat Dan Kunjungannya :) ... Tapi Jika sistem pembelajaran yang diterapkan lebih bagus maka murit pun akan lebih bersemangat belajar :)

      Delete
    2. banyak sekolah yang sudah menerapkan sistem ini tapi masih banyak juga murit yang nilainya anjlok.

      Delete
    3. Seperti tadi anda bilang... Nilai Itu Tergantung Dari Individu masing2, tetapi jika sistem yang di terapkan itu bagus maka semangat belajar akan lebih tinggi juga, Nilai Bukanlah Patokan Untuk Melihat seberapa mengertinya siswa terhadapa materi pembelajaran karena banyak siswa yang mengerti tapi tak mampu menuangkanya secara teoritis. . . Terima Kasih Atas Kunjungannya :)

      Delete
    4. Saya skolah d sekolah yang sudah menggunakan sistem ini hasilnya bagus kok, malah lebih bersemangat belajarnya beda waktu masih di SMP, maklum SMPnya msih pake cara lama :)

      Delete
    5. Lisa Safitri --> Keren T.O.P Dah ... :)

      Delete
  3. ARTIKEL YANG BAGUS, SEMOGA PENDIDIKAN INDONESIA SEMAKIN MAJU DAN ANAK INDONESIA SEMAKIN CERDAS

    ReplyDelete
  4. Artikelnya kren :) smoga sistm ini dpt ditrapkan diseluruh indonesia !!!

    ReplyDelete
  5. Memang ini adalah jamanya e-learning, tp ya semoga aja bisa di terapkan di plosk2 Indonesia, tidak hnya di kota besar saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya semoga saja ... Terimakasih atas kunjungannya :)

      Delete
  6. Replies
    1. Terima kasih Pendapat & kunjungannya ... Salam Sukses :)

      Delete
  7. Nice share :)
    Mudah-mudahan pendidikan di Indonesia semakin bertambah maju.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan anak indonesia makin cerdas dan selalu berprestasi amin ... Makasih Atas kunjungannya ya ... Salam Sukses :)

      Delete
  8. Semoga kita sebagai guru bs menerapkan e-learning dlm pembelajaran kita. Ditunggu kunjungan dan komennya ya..

    ReplyDelete
  9. E-learning adalah satu cara untuk membuat dunia pendidikan di indonesia lebih maju, dengan sistem yang friendly dan mengasyikan pasti siswa-siswa tdk akan merasa boring . semoga sistem ini bisa benar2 diterapkan di indonesia. amiin oh ya gan mhon kunjungan baliknya di blog q dan minta komentarnya juga ! heheh trims :)

    http://kenichii.blogspot.com/2013/12/e-learning-untuk-guru-dan-siswa-demi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan pendapatnya, kita doakan saja semoga E-Learning dapat diterapkan merata di seluruh indonesia agar pendidikan negara kita lebih maju lagi ... Salam Sukses :)

      Delete