Saturday, December 8, 2012

Orang Terkaya Di Indonesia

1. Robert Budi Hartono

 



Bahasa Hokkien:Oei Hwie Tjhong, lahir di Kudus tahun 1941 adalah pemilik dari salah satu perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, Djarum. Robert adalah anak kedua dari Oei Wie Gwan, pendiri Djarum. Ia adalah orang terkaya ke-10 di Asia Tenggara dan ke-321 di dunia pada tahun 2005 menurut majalah Forbes, dengan kekayaan sebesar 2,3 miliar dolar AS. Sebelumnya, pada tahun 2004, ia berada di posisi ke-8 dengan kekayaan sebesar 2,2 miliar dolar AS. Kakaknya bernama Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang.

2.  Michael Bambang Hartono 



Bahasa Hokkian:Oei Hwie Siang, lahir di Kudus pada 2 Oktober 1939 adalah salah seorang pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia, Djarum. Michael dan adiknya, Robert Budi Hartono, mewarisi Djarum setelah ayah mereka, Oei Wie Gwan, meninggal pada tahun 1963. Oei Wie Gwan meninggal tidak lama setelah pabrik rokok Djarum terbakar habis.

3. Low Tuck Kwong


Pengusaha pertambangan batu bara PT Bayan Resources Tbk, Low Tuck Kwong berada pada peringkat 304 dunia versi Forbes dengan total kekayaan mencapai USD 3,6 miliar dan menjadi orang terkaya ketiga di Republik Indonesia. Pria kelahiran Singapura ini, resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada tahun 1992. Mengutip dari Kompas.com, ia juga memiliki saham Manhattan Resources and Singapore HealthPartners yang terdaftar di Singapura. Singapore HealthPartners sendiri berencana akan membuka rumah sakit yang terintegrasi dengan pusat medis dan hotel di Singapura pada tahun 2013.


4. Martua Sitorus

Martua Sitorus

Martua Sitorus berada pada peringkat keempat deretan orang terkaya di Indonesia tahun 2012 ini. Forbes menulis kekaayaan USD 3,0 miliar dan menjadi orang terkaya ke 377 di dunia. Martua Sitorus  lahir pada tahun 1963 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Ia sarjana ekonomi dari Universitas HKBP Nommensen, Medan. Panggilan masa kecilnya A Hok.


5. Sukanto Tanoto

sukanto t

Miliarder Indonesia lainnya yang tercatat sebagai orang terkaya yakni Raja Garuda Emas, Sukanto Tanoto. Forbes menulis Sukanto sebagai orang terkaya kelima di Indonesia.Kekayaannya pada 2012 ditaksir mencapai USD 2,8 miliar. Kekayaannya tersebut diperoleh dari sejumlah perusahaan diantaranya Asia Pacific Resources International Ltd (APRIL) yang bergerak di bidang industri kertas.


No comments:

Post a Comment