Sunday, January 13, 2013

Musisi Dunia Yang Tak Keberatan Dibajak


Persoalan satu ini rasanya tak hanya terjadi di Indonesia. Dengan kecanggihan teknologi sekarang, pembajakan album memang jadi masalah semua orang yang berkutat dalam industri musik.
Kalau selama ini, yang kerap didengar adalah musisi-musisi menolak pembajakan, lain halnya dengan daftar Artis berikut ini. 5 musisi ini tak keberatan karyanya dibajak!
Siapa dan seperti apa pernyataan mereka?

1. Lady Gaga 


Sebetulnya tak terlalu mengherankan jika yang bicara musisi eksentrik ini. Menurutnya, tur bisa menjadi jalan lain untuk menutupi kerugian akibat pembajakan.

"Kau tahu berapa banyak yang didapat dari tur? Artis besar bisa menghasilkan uang dari manapun, 400 miliar dari putaran pertama tur. Musisi yang sangat terkenal menghasilkan 900 miliar. Bikin musik bagus, lalu tur. Seperti itu caranya," kata Mother Monsters.

2. Norah Jones


 Bagi penyanyi jazz ini, rupanya pembajakan tidak jadi masalah. Malah, dia makin senang bila makin banyak orang mendengar musiknya.

"Kalau orang mau mendengarkan, aku sudah senang. Aku nggak akan menyuruh mereka mencuri albumku, tapi kupikir nggak masalah kalau orang-orang muda yang tak punya banyak uang bisa mendengar musik dan mengeksplorasi lebih jauh," tutur Norah.

"Tetapi aku juga mengerti, tidak ideal jadinya untuk industri. Banyak artis yang dapat uang cuma sedikit. Tapi mereka kan bisa tur," tukas pelantun Don't Know Why ini.


3. Jack White 

Yang satu ini juga brilian, dan kecerdasan itu membuat Jack White kerap tampil kontroversial. Namun dia menegaskan ada hal-hal yang hilang karena membajak.


"Aku tidak banyak pusing memikirkan pembajakan. Aku sendiri sih nggak bakal membajak, aku butuh memegang fisik album di tanganku, yang cocok seperti vinyl. Aku suka artwork dan catatan musisi dan tulisan liriknya," jelas Jack.

"Di internet, semua itu tak terlihat. Rasanya lain, mengecewakan," ujar pasangan Meg White di The White Stripes ini.

4. Shakira 


Serupa seperti Norah Jones, penyanyi Latin Shakira juga punya pandangan sama tentang kebebasan.

"Aku tak keberatan dengan yang terjadi karena aku merasa lebih dekat dengan penggemar dan orang-orang yang menghargai musik. Ini semacam demokrasi dalam musik, dan musik adalah anugerah. Seperti itu seharusnya, sebuah anugerah." kata Shakira.

5. Ed O'Brien 


Apakah berada dalam band seunik Radiohead dapat mempengaruhi pemikiran sang gitaris? Entahlah, mungkin juga. Yang jelas Ed O'Brien tak ragu memaparkan pandangannya.

"Aku tak suka ketika orang bilang, 'pembajakan membunuh industri musik'. Aku nggak percaya. Pembajak mungkin tidak membeli album, tapi mereka mau beli tiket konser, atau T-shirt, apapun," tukas sang gitaris tegas.


Sumber : http://musik.kapanlagi.com/berita/10-musisi-dunia-yang-tak-keberatan-dibajak-f4ef8d.html

No comments:

Post a Comment